by

Panduan Dasar Bermain PUBG: Mengenal Sistem Recoil

Panduan Dasar Bermain PUBG: Mengenal Sistem Recoil – Siapa sih yang tidak mengenal game bertema Battle Royale, Playerunknown’s Battle Grounds. Game ini tengah bersaing keras dengan Mobile Legends di jajaran game mobile terbaik masa kini.

Namun, dikesempatan ini saya tidak ingin membahas siapa yang terbaik. Saya ingin membahas Panduan Dasar Bermain PUBG: Mengenal Sistem Recoil.

Menggunakan mode tampilan TPP (Third Person Perspective) dan FPP (First Person Perspective) kamu akan melawan banyak pemain lainnya dalam satu map yang sangat luas dan besar. Namun menggunakan senjata di PUBG tidaklah segampang yang kamu kira karena adanya recoil di setiap senjata.

Recoil atau dalam Bahasa Indonesia yaitu hentakan, merupakan sebuah efek tendangan ke belakang yang akan mempengaruhi arah atau bidikan tembakan pada saat menembak. Artinya kamu tidak bisa menembak secara lurus terus menerus ke tempat yang sama, karena senjatamu akan menghentak dan mengacaukan bidikanmu.

Alasan utama mengapa sistem ini muncul di PUBG, adalah agar setiap senjata terasa lebih realistis dan berbagai faktor lainnya termasuk balancing. Recoil di PUBG pun juga ada banyak jenisnya seperti vertical recoil, horizontal recoil, recoil recovery, recoil pattern. Artikel ini akan membahas tentang jenis-jenis recoil dan bagaimana cara mengatasinya juga.

Recoil Pattern

 

Sebelum kita mulai ke pembahasan yang lain, kamu harus paham terlebih dahulu tentang recoil pattern. Recoil pattern artinya jalur hentakan tembakanmu pada saat melakukan spray. Pada saat diam dan kamu melakukan spray menggunakan AR, SMG, DMR, recoil pattern akan mengarah ke atas dengan banyak pola.

Setiap senjata memiliki recoil pattern masing-masing sesuai karakteristik senjatanya. Recoil pattern bisa berubah menjadi lebih ramping atau pendek dengan menambahkan attachment yang mempengaruhi recoil mu seperti grip, compensator dan stock.

Horizontal Recoil

Horizontal recoil adalah recoil atau hentakan senjata ke arah samping pada saat melakukan spray. Horizontal recoil akan membuat recoil patternmu tidak lurus dan membuat bidikanmu menjadi meleset ke arah kiri ataupun kanan. Bahkan ketika kamu melakukan spray ke samping kadang horizontal recoil akan membuat aimmu menjadi lebih buruk lagi.

Horizontal recoil bisa dikurangi dengan menambahkan grip seperti Angled Foregrip dan Half Grip serta Compensator. Jika kamu menggunakan M4A1 atau Vector, kamu bisa menguranginya lagi dengan Stock. Attachment tersebut akan membuat recoil pattern senjata menjadi lebih ramping. Kamu tidak perlu takut lagi akan meleset ke samping selama menembak.

Vertical Recoil

Vertical recoil adalah recoil atau hentakan senjata ke arah atas pada saat melakukan spray. Vertical recoil akan membuat recoil patternmu menjadi lebih panjang dan membuat bidikanmu saat hipfire atau ADS lebih sulit.

Vertical recoil bisa dikurangi dengan menambahkan grip seperti Vertical Foregrip, Half Grip dan Thumb Grip serta Compensator. Jika kamu menggunakan M4A1 atau Vector, kamu bisa menguranginya lagi dengan Stock. Attachment tersebut akan membuat recoil pattern senjata menjadi lebih pendek dari biasanya. Kamu tidak perlu lagi takut kehilangan control pada saat melakukan _spray.

Recoil Recovery

Recoil recovery artinya adalah proses yang terjadi setelah kamu melakukan tembakan dan crosshair kembali ke posisi awal menembak. Proses tersebut sulit terasa jika kamu menggunakan AR, SMG yang lebih dominan menggunakan spray dengan mode auto atau burst. Tapi jika kamu menggunakan DMR dan SR, kamu akan merasakan betapa pentingnya recoil recovery.

Recoil recovery bisa ditingkatkan dengan Half Grip dan Light Grip untuk bagian lower rail senjata. Stock pada M4A1 dan Vector juga bisa menambah recoil recovery agar recoil senjata yang kamu gunakan tidak terlalu parah.

Tips dan Trik Mengatasi Recoil

  • Recoil akan sangat berasa pada senjata AR. Cobalah belajar terlebih dahulu menggunakan SMG yang memiliki weapon stability dan recoil yang lebih rendah ketimbang AR.
  • Coba belajar tentang teknik recoil compensation. Recoil compensation adalah teknik yang umum dalam game fps tentang bagaimana cara menggerakkan mouse atau bidikan pada saat mengarahkan tembakan ke musuh.
  • Cari pengaturan sensitivitas mouse terbaik dan ternyaman saat kamu bermain. Dengan memiliki sensitivitas yang pas sesuai permainanmu, akan lebih meningkatkan recoil compensation dan membuat akurasi bidikanmu lebih tinggi.
  • Selalu pilih grip yang sesuai gameplaymu agar lebih mudah dalam mengatasi recoil dan membidik musuh.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed